Pemimpin Ramah Anak

Siapa yang tak kenal dengan sosok laki-laki di foto ini yang sedang memeluk seorang anak. Beliau yang 2 minggu lalu seorang menteri pendidikan, dan mungkin saja foto di atas diambil ketika beliau masih menjadi seorang menteri pendidikan.

IMG_1871

Sosok Pak Anies pada foto tersebut begitu mengayomi seorang anak, ia memeluk anak dengan posisi duduk yang memposisikan dirinya begitu menghargai sang anak dengan posisi sejajar dengan tinggi anak.

Seorang anak laki-laki yang mengenakan seragam pramuka di foto tersebut juga terlihat begitu nyaman memeluk tubuh Pak Anies, dan Pak Anies membalas dengan merangkul sambil tersenyum lebar. Hal itu terjadi karena adanya rasa nyaman dan saling percaya antara Pak Anies dan anak tersebut.

Saya tidak mengetahui apakah seoarang anak tersebut sudah menganal Pak Anies sebelumnya atau itu adalah pertemuan pertama bagi keduanya. Kemungkinan juga anak tersebut tidak begitu mengetahui atribut (jabatan) yang menempel pada Pak Anies. Bagian terpenting bagi anak itu adalah pak Anies memberikan rasa aman, nyaman, dan sentuhan kasih sayang yang ia butuhkan.

Hal yang dapat kita pelajari dari sosok Pak Anies adalah bagaimana sentuhan, keramahan, dan kasih sayangnya bisa menyentuh kepada setiap anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *