Select Page

Hari Sabtu, tanggal 22 Oktober 2016, Saya berangkat menuju acara  “SINAU SLiMS, AKASIA VOCABULARY CONTROL & TIPS DAN TRIK KERJASAMA PERPUSTAKAAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN DENGAN KOMUNITAS SLiMS JAKARTA”

Saat datang mengisi Absen, tentu saja nama saya tidak terdaftar… tenang, masih ada kolom kosong kok, Ternyata dari daftar hadir yang saya lihat, memang terbatas pesertanya, kebanyakan pustakawan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, dari kampus UI, UNJ, UIN, Ibnu Khaldun dan yang lainnya.

20161022_115456

Ketika masuk ke ruangan,  di bagi 2 ruang, satu kelas untuk pemula dan satu kelas untuk lanjutan, saya memilih kelas pemula karena memang pertama kali saya bergabung dengan komunitas SLiMS Jakarta, Alhamdulillah datang tepat waktu dan mendapatkan kursi.

Acara pembukaan di buka oleh Ibu Humas dari KKP, selanjutnya ruangan di sekat dan dipisah menjadi 2 kelas. Saya berada di kelas pemula

20161022_103713

 

20161022_120031

Materi di sampaikan oleh mas Waris Agung Widodo komunitas SLiMS Jakarta , beliau menjelaskan tentang pengertian apa itu SLiMS

SLiMS adalah Open Source Sofware (OSS) berbasis Web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar (SLiMS Developer Community, n.d)

Selanjutnya beliau bercerita tentang sejarah berdirinya SLiMS dan mengenalkan SLiMS kepada kami semua yang hadir.

Dari agendanya memang SLiMS Akasia, jadi laptop saya harus diinstal dengan Akasia KKP terlebih dahulu, karena sekolah kami menggunakan Cendana 7 , tapi bukan saya aja kok, berkenalan dengan peserta lain dari Banten juga masih menggunakan Cendana 7, meskipun berbeda dengan program kami di sekolah, pastinya apa yang disampaikan tetap bermanfaat untuk saya.

Pemateri menyampaikan menurut data hampir 50 % pustakawan merujuk langsung ke klasifikasi tanpa merujuk ke Daftar Tajuk Subyek (DTS) dari Perpustakaan Nasional, jadi teringat saat pengenalan perpustakaan di perpusnas, buku Daftar Tajuk Subyek itu sangat tebal,

Pemateri mengingatkan kita semua untuk melihat lebih dahulu DTS sebelum masuk ke bibliography, dan sekarang bisa di download dalam bentuk PDF dari Perpusnas, dan kami pun mencoba mempraktekkan bersama-sama menentukan tajuk subyek, sebagai topik, nama, geografis, sejarah, atau uraian. Di Akasia secara otomatis sudah masuk daftar subyeknya sesuai DTS Perpusnas ada  G (gunakan), GU ( gunakan untuk ), IL ( istilah luas), IS (istilah sempit), IT (istilah terkait), dan LJ ( lihat juga), namun di Cendana 7 belum ada.

Di kesempatan tersebut saya juga menanyakan terkait buku yang tidak ada nama pengarang, nama editor, ilustator atau pun nama lain, beliau menjawab langsung setelah no klasifikasi 3 hurup besar pengarang menggunakan judul buku.

Tak terasa waktu jua yang memisahkan pertemuan kurang lebih 3 jam, untuk lebih jelas bisa melalui group facebook SLiMS Jakarta : http://facebook.com/groups/slims. Dan di akhiri dengan foto bersama komunitas SLiMS . selanjutnya mengisi daftar email untuk di kirim sertifikat.

38-sertifikat-slim-dewi

Horee dapat sertifikat,… kami pun makan siang bersama, dan sampai juga lagi.

fb_img_1477142423600

 

 

Ditulis Oleh : Dewi Widya