Select Page

Di bulan April saya melihat ada lowongan pengajar untuk guru PKn SD di Sekolah Tetum Bunaya. Lalu saya mencoba melamar dengan mengantarkan langsung surat lamaran kerja saya ke sekolah. Pertama kali saya lihat sekolah ini saya langsung jatuh hati. Sekolah yang tidak seperti bangunan sekolah, sepanjang mata memandang banyak tumbuhan dan asri sekali.

Di dalam hati saya berharap saya bisa bekerja disini. Lalu saya menerima telepon untuk datang rekrutmen di tanggal 11 Mei 2016. Saya senang sekali menerima undangan tersebut. Saya sampai pukul 12.30 proses rekrutmen di mulai pukul 13.00.

Pertama-tama saya bertemu dengan Kak Ikhwan, Kak Ikhwan menjelaskan proses rekrutmen di Tetum Bunaya yang panjang dan tidak hanya interview saja. Setelah itu saya bertemu dengan Kak Dian untuk mengisi biodata diri. Lalu kami diminta untuk ke kelas Merkurius Jingga untuk mendengar sambutan dari kepala sekolah tentang selintas profil sekolah Tetum.

Pada waktu itu Kak Lely yang sebagai kepala sekolah SD menyampaikan profil dan kegiatan sehari-hari adik di sekolah. Seteleh mendengarkan presentasi dari Kak Lely kami diajak ke kelas Venus Nova untuk membuat buklet. Saya yang kurang kreatif sempat bingung untuk membuat buklet tersebut. Tetapi Kak Irma membantu kami untuk pembuatan buklet. Setelah selesai kami membuat buklet kami menunggu giliran untuk di interview.

Saya ingat saya di interview oleh Kak Aas dan Kak Uwi. Saya ditanya beberapa pertanyaan, dan yang paling menarik adalah interview di Tetum Bunaya di mulai dengan kita menceritakan tentang masa kecil yang kita alami. Itu baru saya rasakan di Tetum Bunaya.

Proses selanjutnya  adalah job test, saya di tempatkan di kelas Bumi. Selama satu hari saya hanya memperhatikan cara kakak mengajar dan bagaimana adik selama berkegiatan di sekolah. Selama beberapa hari saya menunggu dan saya dihubungi kembali untuk lanjut ke proses magang selama 4 hari.

Saya di tempatkan di Merkurius Jingga bersama Kak Nita. Saya hanya memperhatikan dan sesekali berinteraksi dengan adik. Dan pada tanggal 1 Juni 2016 saya di hubungi kembali untuk menandatangai kontrak PKWTT (Pekerja Waktu Tidak Tetap). Saya di tempatkan kembali di Merkurius Jingga.

Saat itu masa rapotan tiba. Saya sempat binggung karena pembagian rapot di Sekolat Tetum tidak semua murid menerima rapot pada waktu yang bersamaan. Orang tua siswa mengambil rapot sesuai jadwal yang ditentukan dan pertemuan diadakan hanya selama 30 menit. Rapot yang digunakan juga berbeda dengan rapot kebanyakan.

Di Sekolah Tetum terdapat rapot draf yang berisi kegiatan adaik-adik selama satu semester dan narasi yang bersisi cerita kakak tentang keseharian adik. Mulai dari  afektif, kognitif dan psikomotorik. Dan hasil karya adik selama satu semester dibagikan ke orang tua.

Saya menjadi time kipper untuk mengingatkan orangtua mengenai waktu pembahasan mereka. Selama masa percobaan tersebut saya mempelajai banyak hal. Mulai dari kemandirian, tanggung jawab, profesionalitas dan keramahan.

Saya juga mengikuti kegiatan perpisahan di Sekolah Tetum Bunaya yang berbeda dengan kebanyakan sekolah dasar. Acara yang bernama Sastrunus tersebut diadakan petang hingga malam. Tidak ada tarian tidak ada pembagian hadiah tidak ada keramaian yang membuat jarak anatara adik dan kakak. Acara yang sederhana menampilkan cerita pendek yang di buat sendiri oleh adik kelas Saturnus dan makan malam bersama kakak, adik serta orangtua.

Setelah masa percobaan selesai sekarang saya sudah menjadi karyawan tetap di Sekolah Tetum Bunaya. Saya diangkat menjadi karyawan tetap 1 Oktober 2016. Saya ditempatkan di kelas Saturnus bersama Kak Titis. Semoga saya bisa menemani adik menempuh kelas 6 (enam) yang penuh dengan petualangan menuju jenjang yang lebih tinggi.  Saya senang sekali bisa bergabung di sekolah Tetum Bunaya.

Ditulis oleh : NurulLita Sari (Kak Nurul)