Select Page

MENGAJAR MATERI RUKUN IMAN “IMAN KEPADA ALLAH”

UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR

 

  1. Pendahuluan

Ketika kita ingin menjelskan kepada anak bahwa rumah itu ada, pohon itu ada,  sepeda itu ada, sangatlah mudah. Mengapa? Karena anak bisa dengan mudah melihat, meraba, bahkan memakainya. Tapi, bagaimana kita menjelaskan bahwa Allah itu ada? Ya, inilah kewajiban kita sebagai orang tua atau guru dan tantangan yang harus kita persiapkan. Apa jawabanya? Ya, kita menjelaskan keberadaan Allah dengan cara melihat makhluk ciptaan Allah.

Saat kita jalan-jalan bersama anak, tunjukkan anak keberadaan langit di atas. Tanyakan kepada anak, “Nak, langit itu siapa yang menciptakan ya?”. Begitu juga tatkala melihat gunung, sungai, awan, pohon, air; “Siapa yang menciptakan ya?”

Boleh juga menggunakan analogi. “Nak, rumah kita itu apakah tiba-tiba ada atau dulunya ga ada? Tiba-tiba berdiri kokoh, atau ada tukang-tukang yang ngerjain?”. Nah, jika rumah saja ada yang membuat, tidak serta merta ada, bagaimana dengan sesuatu yang lebih besar dan rumit pembuatannya dari rumah? Gunung, sungai, laut? Apakah manusia bisa membuatnya? Pasti yang membuat adalah yang lebih besar, lebih kuat dan hebat dari manusia. Siapa dia? Allah SWT.

Kita pun bisa menggunakan cara melihat keteraturan alam semesta ini. Misalnya, “Nak, kenapa ya bulan munculnya selalu malam, dan tidak pernah ketukar sama matahari?”, “Nak, kenapa ya bintang-bintang itu tidak ada yang saling bertabrakan?”. Kenapa? Karena ada yang mengatur. Sebagaimana lalu lintas, ada polisi lalu lintas yang mengatur jalan supaya tidak banyak terjadi tabrakan, maka begitulah juga Allah yang mengatur alam semesta ini.

 

  1. Latar Belakang

Menjadi guru diharapkan mampu menyampaikan setiap materi yang akan diberikan ke anak-anak atau peserta didik. Apalagi sebagai guru Agama pastinya sebelum mengajar atau memberikan materi pelajaran diharapkan sudah menguasai dan memahami materi tersebut.

Menguasai dan memahami materi pelajaran sepertinya belum cukup sebagai modal guru yang akan mengajar. Pastinya diperlukan kemampuan untuk menyesuaikan dan melihat kemampuan tiap-tiap peserta didik sehingga menemukan metode yang tepat untuk memberikan materi pelajaran tersebut.

  1. Masalah Yang Dihadapi

Kelas 1 Sekolah Dasar pada pelajaran Agama diharuskan dapat mengenal materi Rukun Iman dengan sub pembahasan iman kepada Allah.

Saat mengajar materi Agama tentang Rukun Iman dengan sub pembahasan Iman Kepada Allah, saya menghadapai kesulitan bagaimana caranya supaya peserta didik dapat memahami dan mengerti materi pelajaran tersebut secara konkrit sehingga mereka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Cara Yang Akan Diterapkan

Mengajak peserta didik untuk lebih mengenal ciptaan Allah yang dapat ia lihat dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga ia dapat mengenal bahwa Allah adalah Sang Maha Pencipta.

Mulai mengamati apa yang ada pada diri yaitu tubuh yang Allah ciptakan. Kemudian mengamati apa-apa yang ada di sekitar yang termasuk ciptaan Allah.

 

  1. Jadwal Pelaksanaan

Kelas              : 1 SD

Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam

Materi             : Mengenal Rukun Iman

Sub Materi     : Mengenal Iman kepada Allah/percaya kepada Allah

Jadwal:

  • Kelas 1A : Senin, 28 November 2016, pukul 09.30-10.30
  • Kelas 1B : Selasa, 29 November 2016, pukul 09.30-10.30

Waktu Kegiatan:

  • 60 menit

Kegiatan:

  • Mengenal iman kepada Allah dengan mengenal dan mengamati ciptaan Allah

Tujuan Kegiatan:

  • Dapat menyebutkan ciptaan Allah
  • Dapat mengenal Allah sebagai Sang Maha Pencipta

Pelaksanaan Kegiatan:

  • Adik-adik duduk di lingkaran
  • Kakak menyapa dan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan
  • Adik-adik mengamati dan menyebutkan ciptaan Allah yang ada di sekitar
  • Adik-adik membuat buklet ciptaan Allah yang ada di sekitar (buklet dengan gambar atau tulisan)
  • Adik-adik persentasi menyampaikan ciptaan Allah yang ada di sekitar dengan bergantian
  • Adik-adik duduk di lingkaran dan kakak menutup kegiatan

Penilaian:

  • Dapat menyebutkan ciptaan Allah
  • Dapat menyebutkan bahwa Allah adalah Sang Pencipta

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Papan jalan
  • Kertas
  • Pensil

 

  1. Hasil Observasi:

Anak-anak kelas 1 SD melakukan kegiatan pada pelajaran Agama Islam dengan materi rukun iman dan submateri iman kepada Allah.

Anak-anak duduk lingkaran memulai kegiatan dengan menjawab salam sapa dan mendengarkan guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan.

Sebagai awal kegiatan anak-anak menyanyikan lagu rukun iman bersama-sama yang sudah dikenalkan sebelumnya baik teks maupun lirik lagunya.

Setelah menyanyikan lagu kegiatan dilanjutkan di luar kelas. Anak-anak dipanggil satu persatu mengambil peralatan kemudian berbaris di depan pintu keluar. Selanjutnya pemimpin menyiapkan barisan dan berjalan menuju luar kelas.

Kemudian dengan berjalan pelan anak-anak melihat mengamati ciptaan Allah yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Selanjutnya dengan peralatan yang mereka bawa, kertas, papan jalan dan pensil anak-anak menggambar dan menulis hasil pengamatan meraka tentang ciptaan Allah.

Anak-anak terpesona dengan alam yang sangat indah pada keagungan ciptaan Allah disekitar lingkungan tempat mereka belajar.

Mereka mengamati seperti manusia, hewan, tumbuhan atau pepohonan, tanah, air, bebatuan, matahari, langit, awan, angin atau udara, burung, seranngga, kupu-kupu,  tupai, ulat dan lain-lain.

Setelah mereka merasa cukup dengan hasil yang mereka amati, anak-anak pun berbaris kembali menuju kelas.

Saat berada di dalam kelas anak-anak duduk sambil membentuk lingkaran dan mempersentasikan hasil yang meraka amati dengan bergantian. Satu persatu, mereka membacakan dan menceritakan hasil yang mereka amati dengan suara lantang dan percaya diri.

Dari hasil persentasi anak-anak menunjukkan bahwa mereka dapat menyebutkan ciptaan Allah yang mereka lihat dan amati. Mereka juga dapat menyebutkan bahwa Allah Sang Maha Pencipta.

  1. Kesimpulan

Pada dasarnya, anak-anak berantusias mengenal materi ini karena anak-anak dapat melihat, mengamati langsung dengan menggambar dan menulis apa saja ciptaan Allah yang mereka temukan. Mereka dapat menyebutkan apa saja yang menjadi ciptaan Allah dan mereka juga dapat menyebutkan bahwa Allah adalah Sang Maha Pencipta.

Samsul Hidayat

Guru Agama, Sekolah Tetum Bunaya